Pages

Senin, 14 Oktober 2013

Awas, FOMO Phobia Mengintai Para Pengguna Media Sosial!

Salam hangat terdahsyat untuk para pembaca blog saya :D
Di entri kali ini saya bakal ngebahas tentang FOMO PHOBIA.
Seperti yang kita ketahui, phobia(fobia) mengandung arti ketakutan terhadap suatu hal secara berlebihan, dan phobia juga mampu menghambat kehidupan orang yang mengalaminya.
Wah apa sih fomo phobia itu? Apa penyebabnya? Kerugian nya apa? Cara menghilangkan phobia tersebut bagaimana? Dari pada penasaran, langsung saja ya ke pembahasan nya :D Check it outttt!

Walaupun di dunia nyata sudah kenal dekat dengan teman, tapi tetap saja rasanya tidak puas kalo belum "berteman" di media sosial! Seperti di facebook, twitter, instagram, path, dan lain lain. Akibat kemajuan pesat dalam bidang teknologi dan komunikasi, kita jadi bisa tau deh apa saja yang teman kita lagi lakuin dan kita mengetahui nya lewat media sosial, karena zaman sekarang itu up-to-date banget. Awalnya sih, hanya ngecek media sosial di gadget sekali-sekali. Tapi, lama-kelamaan, kok jadi gelisah ya kalo ga memantau notification? Kok jadi galau ya ga dapet sapaan di comment atau like dari teman di facebook? Atau, kok jadi cemas ya kalo ga megang gadget karena kita jadi gatau apa saja yang temen-temen lakuin/bicarain di dunia maya? Wah, pasti kecemasan berlebihan kamu ada hubungan nya dengan ini nih :

FOMO adalah singkatan dari Fear Of Missing Out. Salah satu bentuk dari fobia ini yaitu ketakutan berlebihan akan ketinggalan informasi  dan hal-hal yang terjadi di dunia maya.
Menurut penelitian, seorang penderita FOMO biasa mengecek hapenya setiap 30 detik-5 menit sekali! Dan masalah ini kebanyakan dialami oleh remaja umur 16 tahun sampai dewasa umur 35 tahun. Eitsss, walaupun kamu masi di bawah umur 16 tahun, bukan berarti kamu terhindar dari fobia ini. Kalau kamu pengguna media sosial, maka fobia ini juga mengintai kamu!

Salah satu kerugian dari fobia ini adalah, kita bisa mengalami depresi&kehilangan waktu! Loh, mengapa? Menurut penelitian dari Duke university-Amrik, penderita FOMO biasanya memiliki ketakutan bakal menyesal sebelum melihat berbagai pos dan update-an dari teman. Dan ini disebabkan oleh perasaan kita yang engga mau melihat kehidupan orang lain lebih baik dari kita. Kita bakal ngerasa ragu sama diri sendiri dan merasa hidup kita enggak seasyik orang lain. Lebih parahnya lagi, kita merasa enggak diinginkan dan ini bisa membuat kita depresi, perasaan ini muncul akibat pikiran kita didominasi oleh kehidupan orang lain.
Dan hal negatif lain nya, penderita FOMO susah dalam memanfaatkan waktu! Ketakutan akan ketinggalan hal-hal di dunia maya membuat kita kehilangan fokus dalam kehidupan nyata, disaat kita sedang mengerjakan tugas misalnya, kita sekali-sekali mengecek media sosial, sehingga pr kita bisa terbengkalai dan jadi tidak siap deh! Atau ketika kita belajar untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian, sekali-sekali mengecek gadget membuat kita jadi tidak fokus belajar dan malah gaada materi sedikit pun yang masuk. Wah, bahaya banget nih!

Di setiap suatu masalah, di situ ada jalan. Nah, untuk mengatasi FOMO fobia ini, kita harus fight for it!
Perlahan tapi pasti, tanamkan niat dalam diri untuk mau mengatasi fobia ini. Kemudian kita harus mengontrol diri untuk tidak mengecek media sosial. Gunakan waktu kita untuk yang lebih berharga seperti membaca atau menyalurkan hobi mu melalui musik, olahraga, dll. Dan ingat! Saat melakukan kegiatan lain jangan diselingi dengan mengecek media sosial.
Kita juga harus bersyukur atas kehidupan yang kita miliki, untuk apa terus-terusan iri dengan teman-teman yang selalu update tentang kegiatan mereka yang mengasyik kan? Iri kan, salah satu perbuatan tercela. Jadi, jauhin deh pikiran negatif. Toh, kehidupan kita juga pasti menyenangkan kalo kita menikmati nya. Let's positive think!

Berikut ini adalah link facebook majalah dimana saya mendapat ide untuk posting-in kali ini
Sekian dulu posting-an kali ini, semoga bermanfaat untuk kehidupan kita :D

0 komentar:

Posting Komentar