Pages

Sabtu, 25 Januari 2014

4 Musim Terindah di Iklim Sub-Tropis!

Hai para pembaca setia! Salam semangat! :D
Baiklah, langsung saja ya. Posting-an kali ini bertemakan tentang pengetahuan geografi. Eits, dijamin deh, materinya gabakal ngebosenin. Check it out aja deh!

     Bumi terbagi menjadi 2 bagian, yaitu daratan dan lautan. Daratan tersebar di berbagai belahan bumi yang terpisah-pisah oleh lautan. Sehingga, ada sebagian daratan yang berada di atas garis khatulistiwa, ada yang dilalui oleh garis khatulistiwa, juga ada yang terdapat di bawah garis khatulistiwa. Maka dikarenakan perbedaan posisi daratan di bumi itu, terciptalah perbedaan iklim dan musim yang dialami oleh negara-negara di dunia ini.
Indonesia merupakan negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa, sehingga Negara Indonesia mempunyai iklim tropis, yang terdiri atas musim kemarau dan musim hujan. Dan musim di Indonesia dipengaruhi oleh angin muson yang bertiup.
Tetapi, artikel kali ini saya tidak membahas tentang musim yang ada di negara saya ini, yaitu Indonesia. Melainkan saya akan membahas tentang iklim sub-tropis yang terdiri atas 4 musim.

Jadi beginilah penggambaran dari pembagian iklim di dunia :


Baiklah, kembali ke topik. Jadi, apasih iklim sub-tropis itu? Apa saja musim nya? Ini dia penjelasan nyaaa
Subtropis adalah wilayah Bumi yang berada di utara dan selatan setelah wilayah tropis yang dibatasi oleh garis balik utara dan garis balik selatan pada lintang 23,5° utara dan selatan. Kondisi iklim subtropis diwarnai dengan gangguan dan rintangan dari alam seperti badaihujan salju, atau tornado.
Daerah subtropis di belahan bumi utara meliputi:
v          v Sebagian besar Eropa, kecuali Skandinavia.
v  Kawasan Asia TengahAsia Timur, dan Asia Barat sebelah utara.
v  Amerika Serikat dan sekelilingnya.
v  Afrika Utara dan Afrika Bagian Selatan.
Sedangkan daerah di bagian selatan meliputi:
v  Australia
v  Bagian selatan Amerika Selatan

4 musim yang terdapat di iklim sub-tropis :

a) Musim semi atau spring
Di belahan utara terjadi antara bulan Februari hingga April. Di belahan Selatan terjadi antara bulan Agustus hingga Oktober. Ciri-ciri terjadi musim Semi ialah : Tumbuhan yang rontok akibat salju berubah menjadi indah. Hawa di musim semi 60% panas dan 40 % dingin. Dan sering juga mengalami cuaca hujan. Musim semi adalah peralihan dari musim dingin ke musim panas. Di belahan utara bumi, musim semi dimulai sekitar tanggal 21 Maret-21 Juni , sementara di belahan selatan bumi musim semi dimulai sekitar tanggal 23 September-21 Desember.
Ini nih, kalo di Jepang, pasti bakal ada yang namanya bunga sakura yang mekar! Indaaaah banget.

SETIAP MUSIM SEMI, DI JEPANG PASTI AKAN ADA YANG NAMANYA TAMAN SAKURA. DUDUK BERPIKNIK DI BAWAH POHON SAKURA SUDAH MENJADI TRADISI ORANG-ORANG JEPANG, LOH!

b)Musim panas atau summer
Di utara terjadi antara bulan Mei hingga Juli. Di belahan Selatan terjadi antara bulan November hingga Januari. Ciri-ciri terjadinya musim Panas ialah : Tumbuhan yang indah berubah menjadi tumbuhan biasa. Hawa di musim panas 80% panas dan 20 % dingin. Di belahan utara bumi, musim panas dimulai sekitar tanggal 21 Juni-23 September, sementara di belahan selatan bumi musim panas dimulai sekitar tanggal 21 Desember-21 Maret.
Di berbagai negara, musim panas merupakan musim libur sekolah yang sangaaat panjang. Dan musim panas sangat identik dengan yang namanya :
YAPS! INI DIA YANG PALING DI MINATI SAAT MUSIM PANAS, PANTAI!

c)Musim Gugur atau autumn
Dibelahan utara terjadi antara bulan Agustus-Oktober. Dibelahan Selatan terjadi antara bulan Februari hingga April. Ciri-ciri terjadinya musim Gugur ialah : Tumbuhan yang biasa berubah menjadi layu dan mulai rontok. Hawa di musim gugur 60% dingin dan 40 % panas. Musim gugur adalah masa peralihan dari musim panas ke musim dingin.
Dalam zona beriklim sedang, musim gugur adalah musim di mana kebanyakan tumbuhan dipanen atau ditunai, dan pohon deciduous melepas daun-daun mereka.
Di belahan utara bumi, musim gugur dimulai sekitar tanggal 23 September -21 Desember, sementara di belahan selatan bumi musim gugur dimulai sekitar tanggal 21 Maret-21 Juni.
Daun- daun menguning dan mulai berjatuhan pada musim gugur.
pada musim gugur, terkadang, orang- orang berkumpul untuk melihat daun- daun berguguran atau merayakan festival. Begini nih, penampakan nya :

BAYANGIN DEH, JALAN DI ANTARA POHON-POHON YANG BERGUGURAN GINI DAUN NYA, EFEK DRAMATIS NYA KELIHATAN BANGET PASTI YA, DITAMBAH DENGAN EFEK ROMANTIS....*UHUK* SAMA PACAR GITU.... UDAH LUPAIN AJA YA SAMA PACARNYA,MBLO.

d) Musim Dingin atau winter
Dibelahan utara terjadi antara bulan November hingga Januari. Dibelahan selatan terjadi antara bulan Mei hingga Juli. Ciri-ciri terjadinya musim dingin ialah : Tumbuhan yang biasanya sudah mulai rontok dan gundul sekarang sudah mulai menjadi ditimbuni salju-salju. Hawa di musim dingin 80% dingin dan 20 % panas. Dan seringnya di musim tersebut sering terjadi hujan salju dan terkadang terjadi badai salju. Fenomena yang terkadang terjadi dimusim dingin ialah terjadinya Aurora di langit-langit. Musim dingin atau musim salju ialah saat paling dingin di bumi.
Di belahan utara bumi, musim dingin dimulai sekitar tanggal 21 Desember hingga 21 Maret, sementara di belahan selatan bumi musim dingin dimulai sekitar tanggal 21 Juni hingga 23 September.
Salju, salju, salju!! :
JUJUR SAJA, SEBAGAI ANAK YANG LAHIR DI NEGARA BERIKLIM TROPIS, SAYA SANGAT INGIN MERASAKAN BAGAIMANA RASANYA MEMEGANG SALJU. SAYA JUGA PENASARAN DENGAN RASA SALJU, APAKAH ENAK UNTUK DIBIKIN ES SERUT ATAU TIDAK? LUMAYAN ALAY SIH, TETAPI MOHON DIMAKLUMKAN.

Jadi, pembaca setia, musim apakah yang menjadi favorite-mu? Kalau saya sih semuanya! Coba saja negara saya mempunyai 4 musim ya, pasti akan lebih menyenangkan! Doakan saya agar bisa tinggal di negara-negara beriklim sub-tropis ya, supaya bisa merasakan keempat musim ini, hihihi.
Sekian untuk post-an kali ini, semoga bermanfaat. Amin amin :)


SUMBER : (Kunjungi sumbernya yah, bakalan dapat info lebih banyak deh dijamin!)
2.http://berbagiilmubersamaputrisetya.wordpress.com/tag/iklim-sub-tropis/

0 komentar:

Posting Komentar